Tips

2023 Eid Recap : Makan Enak & Bijak!

 

Siapa yang bawa pulang makanan lebaran, bukannya senang malah sedih?. Sedih karena keingat makanan lebaran tahun lalu banyak yang kebuang karena tidak tahu cara simpannya 🙁 (Ini mimin Rassa tahun lalu sih..) Tapi tahun ini mimin Rassa sudah lebih senang bawa makanan lebaran pulang! Semua karena mimin Rassa, sudah tahu cara simpan makanan lebaran yang benar~ Yuk simak caranya di artikel ini!

Mayoritas makanan lebaran itu berair dan bersantan, dimana artinya shelf-life makanan ini tidak lama dibandingkan makanan kering. (Yup, semakin kering suatu makanan, maka semakin panjang shelf-life makanan tersebut). Ketika disajikan, taruh makanan lebaran di mangkok atau piring terbaik kalian. Ketika hendak disimpan, pastikan makanan lebaran ini disimpan dalam kotak makanan tertutup dan suhu yang dingin. Jangan sampai terbalik malah sajikan di kotak tertutup dan simpan di mangkok ya!

Bila lauk meliputi sayuran atau buah segar, lebih baik segera konsumsi pada hari yang sama. Kualitas sayuran dan buah yang sudah terpotong cenderung lebih cepat untuk menurun dan hanya dapat bertahan sampai 2 hari.

Masih ragu bisa menghabiskan semua makanan lebaran yang dibawa pulang? Lebih baik perkirakan porsi yang mampu untuk dihabiskan sebelum diawa pulang. Serta, ada baiknya untuk menyisihkan makanannya untuk dibagikan. Tidak hanya membantu mengurangi food waste, kita juga dapat membantu sesama saudara kita yang kurang mampu.

Lebaran kenyang & senang, karena bisa makan enak & bijak! Semoga di lebaran selanjutnya, sobat Rassa juga bisa lebih bijak dalam mengelola makanan lebaran yang harus dibawa pulang ya.. See you on Eid 2024!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *