Food Waste

Bingung makanan sudah kadaluarsa atau belum? cek tanda-tanda berikut

Mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa bisa berdampak buruk terhadap tubuh kita. Namun,  tanggal yang tertera di kemasan seringkali tidak bisa menjadi acuan utama untuk mendeteksi apakah makanan sudah kadaluarsa atau belum.

Untuk itu, teman-teman juga perlu memperhatikan penampilan fisik dari makanan seperti aroma, texture, warna supaya tidak mengkonsumsi makanan yang berbahaya bagi tubuh. 

Mengutip dari SehatQ, berikut ada beberapa tanda-tanda yang harus kita perhatikan sebelum mengkonsumsi makanan : 

  • Terjadinya perubahan warna
  • Terdapat lendir dalam makanan
  • Ditumbuhi oleh mikroba seperti jamur
  • Adanya perubahan texture seperti  lembek atau keras

Cara mencegah keracunan makanan basi

Ketika mengkonsumsi makanan yang kadaluarsa dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita seperti demam, diare, dan sakit perut. Untuk mencegah keracunan makanan basi, teman-teman dapat melakukan hal berikut ;

  1. Memperhatikan tempat penyimpanan makanan

Teman-teman bisa meletakkan makanan di tempat yang dianjurkan sehingga makanan bisa lebih tahan lebih lama. Seperti misalnya produk susu dan sayuran tertentu bisa di tempatkan di lemari es. Atau makanan seperti snack bisa ditempatkan di suhu ruangan. 

  1. Perhatikan perubahan fisik makanan sebelum dikonsumsi

Chek dulu kondisi makanan sebelum dikonsumsi. Perhatikan apakah makanan masih bertexture sama atau sudah terjadi perubahan texture. Perubahan texture biasanya disebabkan oleh pertumbuhan mikroba seperti jamur yang berbahaya bagi tubuh. Kemudian, perhatikan juga aroma dan warna dari makanan, jika tidak seperti biasanya lebih baik jangan dikonsumsi.

  1. Cek tanggal kadaluarsa

Melihat tanggal kadaluarsa juga penting sebelum mengkonsumsi makanan. Biasanya, perusahaan melabeli makanan dengan expired-by dan Best-before. Expired-By mengacu kepada makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah tanggal yang tertera. Sedangkan Best-Before masih aman dikonsumsi setelah tanggal tertera namun perhatikan juga texturenya yah.

 

Yuk! ikuti terus update dari Rassa melalui IG rassaindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *