Tips

5 Tips untuk mengurangi limbah pangan

Sebanyak 1.3 miliar ton makanan terbuang setiap tahunnya. Selain berdampak buruk terhadap kerugian ekonomi, limbah pangan tersebut juga berkontribusi terhadap 8 % gas rumah kaca lho. 

Limbah pangan saat ini menjadi pusat perhatian banyak orang. Kajian yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) mengungkapkan bahwa limbah pangan berkontribusi terhadap 29.1 persen sampah yang ada di Indonesia. 

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, kita harus ikut bersama-sama dalam mengurangi limbah pangan supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih besar di lingkungan kita. 

Berikut 5 tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi limbah pangan. 

  1. Masih mengkonsumsi makanan near-expired atau imperfect

Makanan yang mendekati expired date atau near-expired masih sangat aman untuk dikonsumsi lho, bahkan makanan yang berlabel best-before masih aman untuk dikonsumsi meskipun sudah melewati tanggal yang tertera. Kekeliruan dalam memahami label ini seringkali menyebabkan banyak makananan yang terbuang cuma-cuma. 

  1. Tidak menyisakan makanan

Sebisa mungkin menghabiskan makanan ya teman-teman. Menyisakan makanan bisa berdampak buruk lho untuk bumi kita. Sisa makanan ini bisa menjadi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Bagi teman-teman yang sudah tidak mampu lagi menghabiskan makanan, makanan yang tersisa dapat disimpan di tempat yang aman seperti freezer atau bisa dimanfaatkan menjadi produk lain seperti pupuk kompos. 

  1. Mengolah sisa makanan menjadi produk lain

Langkah selanjutnya adalah mengolah sisa makanan menjadi produk lain seperti misalnya menjadi pakan ikan atau dijadikan pupuk untuk tanaman. Sisa makanan seperti buah dan sayur juga sangat baik dijadikan pupuk kompos lho. 

  1. Membagikan makanan berlebih kepada sesama

Jika makanan masih layak dan aman untuk di konsumsi. Teman-teman dapat membagikannya  kepada kerabat atau tetangga terdekat yah, selain ikut membantu sesama, hal ini juga ikut menjaga bumi dari limbah pangan lho. 

  1. Mengajak keluarga dan kerabat dekat untuk ikut peduli terhadap limbah pangan

Selanjutnya, teman-teman juga bisa  mengajak saudara maupun keluarga untuk memulai aksi ini yah. Dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya masalah lingkungan ini, diharapkan mampu mengurangi perilaku membuang sisa makanan secara sembarangan yang berdampak buruk terhadap lingkungan kita. 
Semakin kita sadar, semakin kita bertindak, maka semakin sehat bumi kita.

Yuk ikuti terus update kami melalui IG di rassaindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *