Tips

Lakukan hal ini, supaya susu tidak mudah basi

Susu memiliki rentang masa expired yang cukup singkat. Eittss, tapi tenang aja, berikut sudah kami rangkum tips untuk membuat susu tidak mudah basi atau tahan lebih lama. 

Tutup kemasan dengan rapat-rapat

Setelah membuka susu cair, harus ditutup rapat-rapat. Jika kamu membeli susu formula bubuk, maka harus dipindahkan ke wadah yang kedap udara seperti toples atau kaleng. Hal ini agar susu lebih tahan lama karena terhindar dari bakteri yang bisa merusak kualitas dari susu. 

Simpan dalam kulkas

Simpan dalam kulkas di suhu 2 sampai 3 derajat celcius. Hal ini jika susu disimpan di susu di atas angka tersebut maka potensi bakteri untuk tumbuh semakin besar yang menyebabkan susu malah mudah basi. Namun, perhatikan juga susu disimpan dalam keadaan rapat yah teman-teman. 

Jangan simpan susu dibagain pintu lemari es

Bagian pintu lemari es merupakan bagian yang paling hangat di antara bagian yang lain. Hal ini dapat menyebabkan bakteri mudah berkembang biak, sebaiknya hindari bagian pintu dan disarankan untuk menyimpan susu di bagian paling belakang di kulkas supaya lebih dingin dan menghindari bakteri berkembang biak. 

Bekukan susu

Membekukan susu dilakukan jika susu di konsumsi lagi lebih dari 5 hari. Caranya cukup mudah, siapkan wadah yang cukup besar, kemudian tutup dengan rapat dan masukkan dalam freezer. Terakhir, hindarkan dari produk yang berbau menyengat serta yang berpotensi menyebarkan bakteri jahat. 

Segera masukkan lagi dalam kulkas setelah diambil

Supaya tidak terkontaminasi oleh bakteri jahat, setelah susu diambil dari kulkas, segera dimasukkan lagi yah teman-teman. Dan jangan lupa, tutup dengan rapat. 

Yuk, Ikuti terus update dari rassaindonesia

Featured Image : Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *