Tips

Negara berikut membuang sampah makanan terbanyak di dunia

Badan Perserikatan Bangsa-bangsa ( PBB) mengungkapan  ada 690 juta jiwa yang mengalami kelaparan setiap tahunnya. 

Sedangkan, menurut laporan dari institutions of mechanical engineering, setengah dari makanan yang diproduksi berakhir menjadi sampah. Mengutip dari the economist negara berikut paling banyak dalam produksi sampah makanan. 

Arab Saudi

Setiap individu di Arab Saudi  menghasilkan sebanyak 427 kilogram per tahunnya. Laporan dari ahli ekonomi Rashid Al-Fawzan juga mengungkapkan bahwa Negara Arab Saudi membuang makanan dengan nilai 1.5 juta dollar setiap jamnya. Selain itu, 28% limbah yang ada di Arab Saudi berasal dari limbah makanan. 

Indonesia

Jika dihitung, setiap Individu yang ada di Indonesia membuang sebanyak 300 kilogram sampah per tahunnya. Data dari Sistem Informasi Pengelolaan Limbah nasional (SIPSN) mencatat sekitar 46,75% dari sampah yang ada di Indonesia berasal dari limbah makanan. Hal ini pun menyebabkan kerugian yang mencapai Rp 213 – Rp 531 triliun per tahunnya. 

Amerika Serikat

Negara yang dijuluki negeri paman sam ini menghasilkan 277 kilogram sampah per individu per tahunnya. Fakta lainnya, hampir 85% dari warga Amerika Serikat masih membuang makanan yang tergolong layak untuk di konsumsi. 

Uni Emirat Arab

Negara ini menghasilkan limbah makanan 196 kilogram per tahun per individu. Sampah makanan ini akan meningkat tajam di saat ramadan dimana sampah makanan mencapai 1.850 ton makanan.    

Melihat fenomena sampah makanan ini, menjadi sangat penting bagi kita untuk lebih bertanggung jawab dalam setiap makanan yang kita beli. Yuk! Kita bersama-sama ikut kurangi limbah makanan. 

Ikuti terus update dari rassaindonesia dan follow instagram kami rassaindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *