Tips

Sayangi Bumi, berikut cara mengolah limbah makanan

Sayangi Bumi, berikut cara mengolah limbah makanan

Siapa nih disini yang sering punya sisa makanan?  akhir-akhir ini isu limbah makanan muncul ke publik dikarenakan Indonesia menduduki peringkat ke-2 di dunia dengan produksi makanan terbesar di dunia.  

Peningkatan sampah makanan salah satunya dikontribusi oleh limbah rumah tangga. Nah berikut sudah kita rangkum tips yang bisa teman-teman lakukan untuk mengolah sisa makanan yang sudah tidak bisa dimakan lagi supaya bumi kita lebih sehat. 

Jadikan pupuk kompos

Limbah pangan sarat akan zat organik yang sangat disukai oleh tumbuhan. Seperti misalnya cangkang telur yang kaya akan kalsium untuk pertumbuhan tanaman. Untuk menjadikan limbah pangan menjadi pupuk kompos cukup murah. Teman-teman bisa meletakkan limbah tersebut dalam pot lalu di tambah dengan tanah, kompos yang sudah matang biasanya berwarna gelap dan baunya mulai berkurang.  

Ampas kopi sebagai masker wajah

Dikutip dari RSC Publishing, ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai scrubbing wajah. Ampas kopi dapat bermanfaat dalam mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, dan eksfoliator kulit. Selain itu, kopi yang juga memiliki sifat antimikroba juga dapat melindungi kulit dari kuman. 

Sisa tulang untuk kaldu

Jika teman-teman menyukai daging ayam atau sapi, setelah di konsumsi tulangnya jangan langsung dibuang yah. Sebab, bagian tersebut masih bisa diolah lagi menjadi kaldu makanan. Caranya cukup dengan merebus tulang tersebut dan diamkan 24-48 jam hingga mengeluarkan minyak.  

Untuk pakan hewan

Sisa makan juga masih bermanfaat lho untuk binatang peliharaan kita. Seperti misalnya mie instan untuk pakan bebek, sisa-sisa sayuran untuk makanan kambing, dan tulang-tulang sisa daging ayam ataupun sapi untuk makanan kucing dan anjing. 


Yuk, ikuti terus update dari rassaindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *