Tips

Udah tau belum ragam jenis susu? Check artikel berikut

Susu memiliki banyak jenis yang bisa dikelompokkan berdasarkan kandungannya, jenis pengolahannya dan bentuk wujud fisiknya. Beda kandungan atau beda proses pengolahannya akan berbeda juga manfaatnya yah teman-teman.

Supaya tidak bingung dan lebih paham lagi jenis-jenis susu yang beredaran di pasaran, berikut sudah kita rangkum jenis susu berdasarkan proses pengolahannya. 

  1. Susu Murni

Susu murni merupakan susu yang langsung diambil dari peternakan tanpa ada campuran zat kimia atau proses tertentu. Susu murni lebih fresh hanya saja memiliki beberapa kekurangan seperti mudah basi dan ada potensi berkembangnya mikroba yang berbahaya.

  1. Susu pasteurisasi

Susu yang sudah mengalami proses pemanasan untuk membunuh mikroba jahat yang berpotensi menjadi penyakit jika dikonsumsi. Selain itu, meskipun melalui proses pemanasan, susu pasteurisasi masih terjaga kandungannya serta lebih tahan lama dibandingkan dengan susu murni

  1. Susu UHT

Ultra High Temperature atau (UHT) adalah susu segar yang dipanaskan pada suhu 135-150 derajat celcius selama 2-3 detik. Selanjutnya adalah proses pendinginan selama 4-5 menit dan susu  langsung dikemas. Susu UHT bisa bertahan hingga 9 bulan. Susu UHT kemudian terbagi lagi menjadi susu UHT rendah lemak, susu UHT skim, dan full cream.  Selain tahan lama, susu UHT masih terjaga kandungan proteinnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. 

Susu UHT banyak ditemukan di pasaran dan di toko-toko online. Jika kamu mau susu UHT dengan harga terjangkau namun kualitas masih terjaga bisa kunjungi toko rassaindonesia di SINI

 

Featured Image : Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *